Verifikasi Peserta MTQ Dimulai, Mari Berpartisipasi

By Admin

nusakini.com--Tahapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tk. Nasional XXVI Tahun 2016 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah memasuki tahap verifikasi peserta. Sejak dibuka pendaftaran tanggal 6 s.d 25 Juni 2016, tercatat sebanyak 1314 peserta telah mendaftar dari 34 Provinsi.

Kini, sejak 26 Juni sampai 30 Juni, Tim Verifikasi akan bekerja menyeleksi data peserta berdasarkan dokumen yang dilampirkan. Seluruh proses pendaftaran dan verifikasi dilakukan melalui aplikasi e-MTQ. 

Dalam penelusuran bimasislam, aplikasi e-MTQ telah didesain untuk dapat menyeleksi NIK sebagai identitas primer. Sebagai contoh, bagi NIK yang tidak sesuai dengan ketentuan, maka sistem akan langsung mendeteksi dan melakukan pemblokiran. Sistem dengan sendirinya akan mempublikasikan hasil pendeteksian NIK dalam dua format, yaitu PDF dan MS excel. 

  Bukan hanya sistem deteksi NIK, e-MTQ juga dapat diakses oleh publik secara luas. Seperti disampaikan Menteri Agama dalam Rakornas MTQN XXVI, Mei  lalu, e-MTQ lahir untuk memfasilitasi publik agar dapat mengakses seluruh proses persiapan dan pelaksanaan MTQN secara transparan dan akuntabel. 

  Bagi masyarakat yang ingin melihat dan berpartisipasi, cukup mengakses alamat: simpenais.kemenag.go.id/mtq dan pilihlah nama provinsi yang dituju. Sistem akan menyajikan data peserta mencakup Nama, NIK, Usia, Cabang Perlombaan dan Foto. Jika ditemukan data peserta yang tidak valid atau terindikasi adanya pemalsuan, dapat mengirimkan datanya melalui emal: simpenais@kemenag.go.id. Seluruh aduan harus dilengkapi dengan data pendukung yang otentik. (p/ab)